Cara Memasukkan Video ke HandPhone

Share on :
Ada cara agar video hasil download tersebut dapat dipindahkan ke HandPhone atau ponsel guna mempermudah kita dalam memutarnya atau hanya sekedar ingin disimpan.
Berikut cara memasukkan video ke hp sekalian dapat dinikmati dari dalam handphone, yaitu :
  1. Download aplikasi/ software video converter di http://www.any-video-converter.com/products/for_video_free/ 
  2. Sebelum diconvert video harus di format atau disesuaikan dengan ukuran spesifikasi HP
  3. Lalu convert dan tunggu hingga selesai
  4. Terakhir tinggal dimasukkan/ dipindahkan kedalam HP
  5. Video dapat dinikmati dari dalam HP
Beberapa catatan dalam menyesuaikan spesifikasi, yaitu :
  1. Pada video 3GP menghasilkan gambar yang buram dan memiliki suara kurang bagus dengan ukuran/size lebih kecil sehingga tidak terlalu banyak menggunakan memori HP sedangkan untuk video MP4 menghasilkan gambar yang lebih jernih dengan suara yang lebih nyaring namun terlalu boros dalam menggunakan memori HP.
  2. Resolusi umum video dalam HP adalah 176×144 dengan format 3GP atau MP4. Jika HP layarnya kecil maka cukup 128×96. HP yang layarnya lebih besar maka resolusi yang bagus adalah 320×240. Bila resolusi yang kita inginkan melebihi resolusi maksimal yang bisa didukung HP maka video tersebut tidak dapat diputar atau yang keluar hanya suaranya saja.
  3. Kualitas video HP dipengaruhi pada makin kecil nilainya maka makin jelek kualitasnya dan juga sebaliknya. Umumnya video bitrate di HP berkisar 56-80 kbps untuk resolusi 128×96, 80-160 kbps untuk 176×144, dan 160-512 kbps untuk resolusi 320×240. Tinggal dipilih saja salah satu resolusi diatas yang sesuai. Yang harus diingat kalau nilai bitrate yang terlalu tinggi dapat menggunakan banyak memori serta kemungkinan besar video akan macet-macet saat diputar.
  4. Framerate untuk video HP berkisar 7 – 25 fps. Makin besar framerate, makin halus gerakan objek di video. Disarankan untuk menggunakan 20 fps saja mengingat beberapa model HP hanya disupport maksimal 20 fps.
  5. Dalam setting audio untuk 3GP biasanya menggunakan audio AMR dengan beberapa settingan bitrate. Ukuran 12,2 kbps merupakan settingan dengan kualitas terbaik agar suara di video tersebut dapat terdengar jelas sedangkan untuk MP4 menggunakan audio AAC. Pada audio AAC memiliki kualitas jauh lebih baik bila dibandingkan audio AMR. Settingan bitrate ukuran 56 kbps dan sample rate 44100 Hz sudah dapat menghasilkan suara yang nyaring dan bagus.
Itulah beberapa catatan penting jadi saat video diconvert maka perlu disetting dengan  spesifikasi HP yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar